-->

Ad Unit (Iklan) BIG

12 Contoh Soal Announcement Text dan Kunci Jawaban Terbaru Serta Pembahasannya

12 Contoh Soal Announcement Text dan Kunci Jawaban Terbaru Serta Pembahasannya.

Announcement atau pengumuman adalah pernyataan (pemberitahuan resmi) dalam bentuk lisan atau tulisan yang berisi sesuatu untuk diketahui oleh banyak orang. Kita mendengar atau membaca pengumuman di mana saja. Kita biasa mendengar pengumuman lisan di sekolah atau di tempat-tempat umum, misalnya toko, stasiun, bandara, hotel, rumah sakit, gedung bioskop, dan pusat perbelanjaan. Pengumuman tulis dapat kita baca di papan pengumuman, koran, dan majalah. Pengumuman tulis ini dipasang di tempat yang mudah dilihat orang dan ditulis secara jelas.

The following text is for questions 1 to 3. 

ANNOUNCEMENT

The students of Grade VII are allowed to wear their elementary school uniforms while the new school uniforms are in the sewing process. They should wear the new school uniforms, white and blue, on Monday, 5th August 2021. Those whose uniforms have not been available yet on the date should get the homeroom teachers’ permission letter before Saturday, 3rd August 2021. 

Thank you for your attention. 

Danuarta Putra
Headmaster 

1. What is the purpose of the text? 

A. To tell the readers about the school rule. 
B. To inform the readers about the uniform rule. 
C. To remind the readers to wear the school uniform.
D. To announce to the readers the permission letter rule.

Jawaban: B

Jawaban disimpulkan dari kalimatkalimat awal teks, "The students of Grade VII are allowed to wear their elementary school uniforms while the new school uniforms are on the sewing process. They should wear the new school uniforms, white and blue, on Monday, 5th August 2021.” "yang artinya "Peserta didik kelas VII diizinkan memakai seragam sekolah dasar saat seragam sekolah baru dalam proses penjahitan. Mereka harus memakai seragam sekolah baru, putih dan biru, pada Senin, 5 Agustus 2021.”. Jadi, teks tersebut memberitahukan peserta didik tentang aturan seragam, sesuai dengan pilihan jawaban (B). Pilihan jawaban yang lain salah; (A), yang artinya untuk memberi tahu pembaca tentang aturan sekolah, salah karena bengumuman tersebut hanya sebagian dari aturan sekolah, sedangkan (C), yang artinya untuk mengingatkan pembaca untuk memakai seragam sekolah, dan (D), yang artinya untuk mengumumkan aturan surat izin, salah karena hanya sebagai informasi pendukung. 

2. From the text, we can conclude that ...

A. the new students should wear their old uniforms
B. the announcement is addressed to all the students
C. the announcement is delivered by a homeroom teacher
D. the news students may wear their old. uniforms on the due date

Jawaban: D

Jawaban disimpulkan dari kalimat "For those whose uniforms have not available yet on the date should get the homeroom teachers’ permission letter before Saturday, 3rd August 2021.” yang artinya "Bagi mereka yang seragamnya belum tersedia di tanggal tersebut harus mendapatkan surat izin dari wali kelas sebelum Sabtu, 3 Agustus 2021.”. Hal itu menunjukkan bahwa peserta didik baru masih boleh menggunakan seragam lama mereka, tetapi harus dengan izin wali kelas. Jadi, pilinan jawaban (D) benar. Pilihan jawaban yang lain salah; (A), yang artinya peserta didik baru harus menggunakan seragam lama mereka, salah karena mereka boleh menggunakan seragam lama selama waktu tertentu (sebelum 3 Agustus), (B), yang artinya pengumuman ditujukan untuk semua peserta didik, salah karena pengumuman itu ditujukan hanya untuk peserta didik kelas VII, dan (C), yang artinya Pengumuman disampaikan oleh wali kelas: salah karena pengumuman disampaikan olen kepala sekolah.

3. “The students of Grade VII are allowed to wear their elementary school uniforms.” The underlined word can be replaced with ...

A. wished
B. banned
C. permitted
D. requested

Jawaban: C

Kata ‘allowed’ dan ‘permitted’ memiliki makna yang sama yaitu diizinkan. Jadi, pilihan jawaban (C) benar. Pilihan jawaban yang lain maknanya berbeda; (A) artinya diharapkan, (B) artinya dilarang, dan (D) artinya diminta. The following text is for questions 4 to 6. 

ANNOUNCEMENT

Welcome to the new school academic year! We would like to announce that we have launched a digital membership card. Please change your old card to the new one so you can borrow books. The card replacement will be: done this week. The new students should register for new membership cards. Each class should be coordinated by the class captain. Thank you for your attention.

4. What is the announcement about?

A. The new registration.
B. The card replacement.
C. The new membership card.
D. The launching of membership cards.

Jawaban: C

Jawaban disimpulkan dari kalimat "We would like to announce that we have launched a digital membership card. Please change your old card with the new one so you can borrow books. ... The new students should register new’ membership cards.” yang artinya "Kami akan mengumumkan bahwa kami telah meluncurkan kartu anggota digital. Tolong ganti kartu lama Anda dengan yang baru agar Anda dapat meminjam buku. ... Peserta didik baru harus mendaftar kartu anggota baru.”. Jadi, pengumuman tersebut tentang kartu anggota baru, sesuai dengan pilihan jawaban (C). Pilihan jawaban yang lain hanya sebagai gagasan pendukung; (A) artinya pendaftaran baru, (B) artinya penggantian kartu, dan (D) artinya peluncuran kartu baru.

5. Who is the text addressed to?

A. All the students.
B. The old members.
C. The new students.
D. The class captains.

Jawaban: A

Jawaban disimpulkan dari kalimat “Please change your old card with the new one so you can borrow books. ... The new students should register new membership cards. Each class should be coordinated by the class captain.” yang artinya "Tolong ganti kartu lama Anda dengan yang baru agar Anda dapat meminjam buku. ... Peserta didik baru harus mendaftar kartu anggota baru. Tiap-tiap kelas harus dikoordinasi oleh ketua kelas”. Jadi, pengumuman tersebut ditujukan kepada semua peserta didik, sesuai dengan pilihan jawaban (A). Pilinan jawaban yang lain kurang tepat; (B) artinya anggota lama, (C) artinya peserta didik baru, dan (D) artinya ketua kelas.

6. Where do you probably read the announcement?

A. In a classroom.
B. In a school library.
C. In a teacher's room.
D. In at language laboratory.

Jawaban: B

Jawaban disimpulkan dari kalimat "Please change your old cards with the new one so you can borrow books.” yang artinya "Tolong ganti. kartu lama Anda dengan yang baru agar Anda dapat meminjam buku.”. Tempat yang logis untuk meminjam buku yaitu perpustakaan. Jadi, pengumuman itu dapat dibaca di perpustakaan sekolah, sesuai dengan pilihan jawaban (B). Pilihan jawaban yang lain bukan tempat meminjam buku; (A) artinya ruang kelas, (C) artinya ruang guru, dan (D) artinya laboratorium bahasa.

The following text is for questions 7 to 9. 

ANNOUNCEMENT

To: Smart Course Students

Smart Course opens a trial class for English conversation for three meetings. We only open 5 classes with ten students for each class. It is free of charge. Please register with Mr. Arya, the customer service. The class will start next week.

Thank you for your attention.

The Management of Smart Course

7. Who delivered the announcement?

A. An English tutor.
B. The course's students.
C. The course’s manager.
D. The customer service.

Jawaban: C

Jawaban disimpulkan dari informasi di akhir pengumuman, "The Management of Smart Course” yang artinya."Manajemen Smart Course”. Orang yang bertanggung jawab pada manajemen yaitu manajer. Jadi, pengumuman tersebut disampaikan oleh manajer tempat kursus, sesuai dengan pilihan jawaban (C). Pitihan jawaban yang lain salah; (A), yang artinya pengajar bahasa Inggris, salah karena ia yang akan mengajar kelas bahasa Inggris, (B), yang artinya peserta kursus, sdlah karena pengumuman tersebut ditujukan kepada mereka, dan (D), yang artinya layanan konsumen, salah karena orang yang menerima pendaftaran.

8. From the text, we can infer that the announcement is ... for the Smart Course students.

A. urgent
B. surprising
C. valuable
D. amusing 

Jawaban: C

Pengumuman tersebut tentang kelas percobaan yang diselenggarakan tanpa biaya. 

Hal itu menunjukkan bahwa program ini merupakan kesempatan yang baik. Jadi, pengumuman ini penting untuk peserta didik di Smart Course. Pilihan jawaban (C), yang artinya berharga, benar. Pilinan jawaban yang lain tidak sesuai dengan teks; (A) artinya mendesak, (B) artinya mengejutkan, dan (D) artinya menghibur.

9. Why do you think the Smart Course students will take the trial class?

A. The participants are limited.
B. The trial class is complimentary. 
C. The trial class will start soon.
D. The course only opens a few classes.

Jawaban: B

Alasan paling logis peserta didik di tempat. kursus bersedia mengikuti kelas percobaan yaitu pilihan jawaban (B) yang artinya kelas percobaan gratis. Hal ini disimpulkan dari kalimat "It is free of charge.” yang artinya "itu (kelas percobaan) bebas biaya.". Pilihan jawaban yang lain bukan alasan yang tepat; , (A) artinya peserta dibatasi, (C) artinya kelas percobaan akan segera dimulai, dan (D) artinya kursus hanya membuka sedikit kelas.

The following text is for questions 10 to 12.

MEG Design and Arts School
proudly announce
Short Cartoon Movie Competition

Now open to all the participants!

For more information,
read the rules and regulations at
www.megdesignartsschool.com

Submit your movie before 18th February 2021
At MEG Design and Arts School
Jl. Rajawali no. 18 Yogyakarta

The announcement of the winners will be
published on 4 March 2021 on our website.
The winners will receive the amount of money and
exclusive contracts with MEG channels.

Grab this awesome opportunity!

10. What is the writer’s intention to write the text?

A. To notify about a competition.
B. To announce a school event.
C. To invite people to support an event.
D. To explain the rules of the competition. 
Jawaban: A

Jawaban disimpulkan dari kalimat awal teks, "MEG Design and Arts School proudly announce Short Cartoon Movie Competition.” yang artinya "MEG Sekolah Desain dan Seni dengan bangga mengumumkan Lomba Film . Kartun Pendek.”. Jadi, tujuan teks tersebut yaitu memberitahukan pembaca tentang sebuah. lomba. Pilihan jawaban (A) benar. Pilihan jawaban yang tain tidak sesuai dengan teks; (B) artinya mengumumkan acara sekolah, (C) artinya untuk mengundang orang-orang mendukung suatu acara, dan (D) artinya untuk menjelaskan aturan lomba.

11. What should people do if they want to know. more about the competition?

A. Visit its website.
B. Check its channel.
C. Meet the committee.
D. Send a letter to the office.

Jawaban: A

Jawaban disimpulkan dari kalimat, “For more . information, read the-rules and regulations at www. megqdesigqnartsschool.com.” yang artinya "Untuk informasi lebih lanjut, baca aturan dan reguiasi di www.megdesignartsschool!l.com.”. Jadi, pilihan jawaban (A), yang artinya mengunjungl website-nya, benar. Pilihan jawaban yang lain bukan untuk memperoileh . informasi; (B) artinya mengecek salurannya., (C) artinya menemul panitia, dan (D) artinya Mengirim surat ke kantor.

12. Who do you think is interested in attending the competition?

A. An actor.
B. A painter.
C. Ananimator.
D. Acameramen.

Jawaban: C 

Pengumuman tersebut tentang lomba film kartun pendek. Orang yang mempunyai kemampuan dalam bidang film kartun yaitu seorang animator. Jadi, pilihan jawaban (C) benar. Pilihan jawaban yang lain yang lain kurang logis; (A) artinya seorang aktor, (B) artinya seorang pelukis, dan (D) artinya seorang pengambil gambar.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter