Pengertian Teks Fungsional Pendek (Short Functional Text)

Pengertian Teks Fungsional Pendek (Short Functional Text)

Short Functional Text (teks fungsional pendek) merupakan teks pendek yang meiliki fungsi, makna, dan tujuan tertentu yang dipakai dala kehidupan sehari-hari.

Berikut beberapa contoh Short Functional Text, diantaranya:

1. Letter

a. Fungsi Sosial

Letter atau surat adalah suatu bentuk komunikasi tertulis yang ditujukan kepada seseorang atau suatu organisasi untuk menyampaikan atau menanyakan informasi tertentu.

b. Struktur Teks

Letter atau surat terdiri atas beberapa jenis, ada surat pribadi, surat bisnis, surat lamaran kerja, dan fain-lain. Berikut ini merupakan struktur surat pribadi (personal letter):

1) date/tanggal — tanggal ditulisnya surat; 
2) salutation and name of recipient/salam pembuka dan nama penerima surat — salam pembuka biasanya diawali dengan kata sapaan, seperti Dear, yang kemudian diikuti oleh nama penerima surat dan diakhiri tanda baca koma. Contoh: ‘Dear Renata’, atau ‘Dear Aunt Bertha’; 
3) introduction/pengantar — ini merupakan bagian pembuka pada surat. Pada bagian ini biasanya penulis menuliskan pertanyaan sapaan seperti ‘How are you?’ atau mengaitkan dengan surat sebelumnya; 
4) body/bagian inti — bagian ini merupakan bagian utama surat. Di dalamnya mencakup pesan yang ingin disampaikan penulis kepada penerima surat. Bagian inti ini biasanya terdiri atas beberapa paragraf. 
5) Closure/penutup — bagian ini mengindikasikan bagian akhir surat. Pada bagian ini penulis dapat menyampaikan permintaannya kepada penerima surat agar membalas suratnya; 
6) Complimentary close/salam penutup — bagian ini terdiri atas beberapa kata yang diakhiri tanda baca koma. Contoh: Yours sincerely, Best regards, Love, dan lain-lain; 
7) Signature/tanda tangan — tanda tangan penulis surat.

c. Unsur Kebahasaan 

Unsur kebahasaan teks /etter tergantung pada isi dan tingkat formalitas bahasa yang digunakan. 

2. Short Message

a. Fungsi Sosial 

A short message atau pesan pendek merupakan informasi tertulis yang dibuat seseorang untuk Orang lain. Pesan pendek berfungsi untuk memberitahukan seseorang tentang sebuah informasi. Isi dari pesan pendek dapat berupa pemberitahuan atau perintah untuk melakukan sesuatu.

b. Struktur Teks 

Untuk pesan pendek yang bersifat personal biasanya tidak memiliki aturan baku tentang strukturnya. Adapun untuk pesan pendek yang bersifat formal umumnya memiliki struktur sebagai berikut. 

1) Receiver, nama orang/pihak yang dituju.
2) Content, isi pesan. 
3) Sender, nama pengirim. 

c. Unsur Kebahasaan

Unsur kebahasaan teks short message tergantung pada isi dari pesan tersebut. Namun, biasanya teks short message ditulis dalam simple present tense.

3. Advertisement 

a. Fungsi Sosial

Teks advertisement merupakan teks yang bertujuan untuk mengiklankan suatu hal/produk/ jasa kepada masyarakat atau dengan kata lain untuk mengenalkan sesuatu yang diiklankan kepada masyarakat agar tertarik untuk membeli (jika yang diiklankan berupa produk/jasa) atau mengisi posisi yang diiklankan (jika iklan tersebut berupa lowongan pekerjaan).

b. Struktur Teks

Teks advertisement umumnya memiliki struktur teks sebagai berikut. 

1) Title, bagian dari teks advertisement yang merupakan topik utama/judul.
2) Explanation, berisi penjelasan dari produk/jasa yang diiklankan. 

c. Unsur Kebahasaan

Unsur kebahasaan yang umumnya digunakan dalam teks advertisement adalah kosakata yang bersifat persuasif atau mengajak dan memengaruhi orang lain. 

4. Announcement 

a. Fungsi Sosial

Announcement adalah teks berupa pengumuman yang fungsinya untuk mem berikan informasi kepada seseorang/sekelompok orang tentang sesuatu.

b. Struktur Teks

Teks announcement umumnya memiliki struktur sebagai berikut.

1) Opening, judul pengumuman.
2) Content, isi pengumuman.
3} Closing, penutup.

c. Unsur Kebahasaan 

Unsur kebahasaan teks announcement tergantung pada isi dari pengumuman itu sendiri. Namun, biasanya teks ini ditulis dalam simple present tense.

5. Invitation

a. Fungsi Sosial

Invitation bertujuan untuk mengundang seseorang atau sekelompok orang untuk menghadiri acara-acara tertentu, seperti ulang tahun, dll.

b. Struktur Teks 

Invitation umumnya memiliki struktur scbagai berikut, 

1. Nama acara. 
2. Waktu diselenggarakannya acara. 
3. Tempat diselenggarakannya acara. 
4. Informasi tambahan. 

Unsur Kebahasaan 

Unsur kebahasaan invitation tergantung pada isi dari undangan itu sendiri. Namun, biasanya teks ini ditulis dalam simple future tense.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url